Pengertian Zaman Pra-aksara, Zaman Pra-sejarah, Zaman Sejarah dan Manusia Peendukung Zaman Praaksara

Assalamu'alaikum wr.wb

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit informasi tentang pengertian zaman praaksara, zaman prasejarah, dan zaman sejarah, dan saya juga akan memberi sedikit informasi tentang manusia yang hidup di zaman praaksara.

pertama-tama kita akan membahas tentang pengertian ketiga zaman tersebut,
  1. zaman pra sejarah, ditinjau dari arti kata nya "pra" berarti sebelum dan "sejarah" berarti sejarah, jadi prasejarah berarti zaman sebelum ada sejarah, namun hal tersebut sedikit keliru, sebelum adanya sejarah berarti sebelum adanya aktivitaas, namun pada saat itu manusia sudah melakukan aktifitas kehidupan manusia. dalam kenyataannya sekalipun belum mengenal tulisan,  makhluk yang dinamakan manusia sudah  memiliki sejarah dan sudah menghasilkan kebudayaan. jadi dapan disimpulkan bahwa zaman pra sejarah adalah zaman sebelum ditemukannya tulisan, namun sudah ada kebudayaan yang berlangsung pada masa itu, dan juga sudah ditemukannaya peninggalan berupa ukiran, gambar-gambar dan peralatan yang digunakan sehari-hari pada masa itu, namun karena belum ditemukan peninggalan berupa tulisan.
  2. zaman pra aksara, di tinjau dari arti katanya "pra" berarti sebelum dan "aksara " berarti tulisan, jadi praaksara berarti zaman sebelum adanya tulisan, pada masa itu sudah ditemukan peninggalan berupa ukiran, gambar-gambar, dan peralatan yang digunakan sehari-hari pada masa itu, namun karena belum ditemukan peninggalan berupa tulisan.
  3. zaman sejarah adalah zaman setelah ditemukannya tulisan, pada zaman ini telah ditemukan peninggalan-peninggalan yang berbentuk tulisan seperti prasasti.

selanjutnya saya akan membahas tentang beberapa manusia pendukung zaman praaksara

1. jenis meganthropus
           jenis manusia purba ini adalah Meganthropus paleojavanicus, fosil manusia purba jenis ini diitemukan oleh Von koeningswalg di Sangiran tahun 1936 dan 1941. Meganthropus paleojavanicus artinya manusia raksasa dari jawa. jenis manusia purba ini memiliki ciri rahang yang kuat dan badannya tegap. diperkirakan makannya adalah tumbuhan. masa hidupnya diperkirakan pada zaman pleistosen awal



2. jenis phitecanthropus
  • Pithecanthropus erectus 
           Phitecanthropus erectus ditemukan oleh Eugene dubois tahun 1980 di dekat Trinil, sebuah desa dipinggiran sungai Bengawan solo, diwilayah Ngawi. Phitecanthropus erectus artinya manusia kera yang berjalan tegak.  Phitecanthropus erectus memiliki ciri-ciri yaitu volume otaknya sekitar 900 cc, diantara otak kera (600 cc) dan manusia (1200-1400 cc). tulang keningnya sangat menonjol dan dibagian mata terdapat penyempitan yang sangat jelas, menandakan otak belum berkembang.


  • Phitecanthropus mojokertensis
          Phitecanthropus mojokertensis ditemuksn oleh Eugene dobois tahun 1980 di  Perning Mojokerto. Phitecanthropus mojokertensis artinya manusia kera dari Mojokerto. jenis manusia ini hidup dan berkembang sekitar zaman Pleistosen tengah.


3. jenis homo (homo sapiens: manusia bijak)
  • Homo erectus
         Homo erectus ditemukan oleh Eugene dobois di Ngandong, desa tepian Bengawan solo, kabupaten Blora, Jawa tengah. memiliki volume otak rata-rata 1100 cc. 

  • Homo wajakensis
           Homo wajakensis ditemukan oleh B.D van rietschoten pada tahun 1889 disebuah ceruk di lereng pegunungan karst di barat laut Campar darat, dekat tulung agung, jawa tengah.



sekian yang dapat saya sampaikan, apa bila ada kesalahan dalam postingan saya kali ini saya minta maaf, 
dimohon kritik dan sarannya ya, o ya jangan lupa berkunjung lagi ya,
trimakasih



Post a Comment

0 Comments